Cara Pendaftaran SNMPN Politeknik Negeri Seluruh Indonesia

Informasi mengenai Cara Pendaftaran Online Politeknik Negeri di Seluruh Indonesia melalui Jalur SNMPN untuk tahun 2021 bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri sebagai salah satu jalur masuk menggunakan sistem Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) terkait dengan jadwal pelaksanaan, syarat-syarat, dan tata cara atau langkah-langkah untuk melakukan Pendaftaran Online Politeknik Jalur Masuk SNMPN. Namun sebelum membahas lebih lanjut berikut beberapa informasi seputar Perguruan Tinggi Politeknik.

Perguruan Tinggi Politeknik merupakan perguruan tinggi yang sedang naik daun saat ini.Ya, di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini keahlian teknik sangat dibutuhkan dan banyak persaingannya.

Bagi anak bangsa yang tidak memiliki cukup keahlian untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kelak akan kalah bersaing dengan lulusan dari luar negeri yang ikut mencari pekerjaan di Indonesia karena saat ini kita sudah memasuki era MEA.

Oleh karena itu, pilihan bijak bagi Anda yang tidak ingin kalah bersaing dengan orang luar negeri maka Anda harus bisa memilih mana perguruan tinggi yang dapat benar-benar menuntun Anda menggapai cita-cita Anda.

Cara Pendaftaran Online PMDK Politeknik Negeri Seluruh Indonesia

Nah untuk itu mungkin Perguruan Tinggi Politeknik bisa menjadi salah satu tempat Anda untuk menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi.

Beberapa Keunggulan Politeknik Dibandingkan Universitas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih perguruan tinggi politeknik.

Ada banyak jalur masuk yang bisa Anda ikuti jika Anda ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi politeknik seperti jalur SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri), jalur Beasiswa Bidikmisi, atau Jalur Mandiri yang diadakan oleh politeknik tertentu.

Namun kali ini kita akan membahas tentang Pendaftaran Jalur SNMPN, berikut informasinya.

Cara Pendaftaran Online SNMPN Politeknik Negeri Seluruh Indonesia


Seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi dari suatu sekolahan tingkat menengah atas yang memiliki keinginan untuk melanjutkan program pendidikan di bangku Perguruan Tinggi berbasis Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh Indonesia.

Nama SNMPN adalah perubahan nama dari jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri). Pergantian nama merupakan hasil diskusi dan keputusan bersama dalam Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia yang diadakan di Surabaya pada Desember 2019. Untuk proses dan tes pendaftaran tetap sama, hanya berganti nama saja. 

Namun pada tahun 2021 ini, seleksi SNMPN hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang memilih jurusan atau program studi jenjang Diploma 3 (D3) saja, sedangkan untuk jenjang sarjana terapan atau Diploma 4 (D4) harus mengikuti seleksi SNMPTN yang diselenggarakan oleh LTMPT..

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti pendaftaran julur SNMPN, atau seluruh pendaftarannya adalah GRATIS.

Lalu bagaimanakah cara melakukan pendaftaran jalur SNMPN ini?

Berikut informasi mengenai syarat pendaftaran serta tata cara melakukan pendaftaran SNMPN.

Persyaratan Pendaftaran SNMPN

Bagi Anda yang serius untuk mengikuti beberapa langkah pendaftaran SNMPN maka berikut persyarat yang harus dipenuhi oleh Sekolah dan Siswa yang bersangkutan.

Persyaratan SNMPN Untuk Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPN adalah:
  • Seluruh SMA/SMK atau sederajat untuk instasi negeri ataupun swasta juga sekolah RI yang berada di luar negeri.
  • Sekolah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)


Persyaratan SNMPN Untuk Siswa
  • Merupakan siswa SMA/SMK atau sederajat kelas terakhir yang akan lulus tahun 2021
  • Siswa memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  • Siswa mendapatkan rekomendasi dari sekolah
Setelah Anda memenuhi persyaratan pendaftaran di atas maka selanjutnya Anda bisa memilih Perguruan Tinggi Politeknik Negeri yang ada di Indonesia.

Jumlah program studi yang bisa Anda pilih saat mendaftar hanya diperbolehkan memilih maksimal 3 program studi yang berbeda pada 2 Politeknik.

Pilihan program studi yang paling diminati diinstruksikan untuk diletakkan pada urutan pilihan yang pertama.

Tata Cara Melakukan Pendaftaran SNMPN

Langkah-langkah mendaftar SNMPN dilakukan oleh kedua pihak yaitu oleh Sekolah dan oleh Siswa.

Berikut informasinya mengenai tata cara mengikuti pendaftaran SNMPN bagi kedua pihak.

Cara mendaftar SNMPN bagi Sekolah
  1. Sekolah melakukan login degan akun yang dimiliki berupa username dan password di laman https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/login.

  2. Jika sekolah belum memiliki akun, sekolah mendaftarkan diri sebagai pemberi rekomendasi dengan memilih tombol "Belum punya akses Masuk?Daftar.

    Cek terlebih dahulu Nomor Pokok Sekolah Nasional untuk memastikan sekolah yang bersangkutan benar-benar belum terdaftar. Jika belum terdaftar di sistem maka klik tombol "Daftar".

    Isi formulir hingga selesai lalu klik tombol "Kirim".

    Jika nyatakan diterima maka panitia akan mengirimkan username dan password ke email sekolah yang bersangkutan (maksimal 2 x 24 jam setelah pendaftaran).

  3. Setelah melakukan login, silahkan masukkan data sekolah dan data siswa yang akan direkomendasikan.

  4. Setelah memasukkan data maka panitia akan mengirimkan username dan password untuk masing-masing siswa yang direkomendasikan.

  5. Selanjutnya sekolah memberikan username dan password tersebut kepada masing-masing siswa untuk kemudian siswa melakukan pendaftaran online.
Keterangan: Informasi lengkap terkait alur dan prosedur pendaftaran SNMPN bagi sekolah bisa Anda baca di laman berikut https://snmpn.politeknik.or.id/storage/upload/panduansekolah.pdf


Cara Mendaftar SNMPN bagi Siswa
  1. Siswa melakukan login dengan akun yang telah diberikan oleh pihak sekolah di laman https://snmpn.politeknik.or.id/siswa/login.
  2. Setelah login siswa mengisi formulir meliputi biodata, data keluarga, data ekonomi, data rapor, data prestasi, pilihan politeknik dan finalisasi.
  3. Selanjutnya adalah siswa mencetak tanda bukti pendaftaran online SNMPN.
Keterangan : Informasi lengkap terkait alur dan prosedur pendaftaran bisa Anda baca di laman berikut https://snmpn.politeknik.or.id/storage/upload/panduansiswa.pdf

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran SNMPN 2021

  • Pembukaan : 11 Januari
  • Pendaftaran (oleh siswa) : 11 Januari - 19 Maret 2021
  • Pengisian data oleh siswa : 11 Januari - 12 Maret 2021
  • Verifikasi berkas : 18 Januari - 26 Maret 2021
  • Pengumuman SNMPN : 6 April 2021

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) terkait dengan persyaratan, tata cara, mekanisme, kriteria penerimaan, serta jadwal pelaksanaan SNMPN. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi website resmi seleksi SNMPN pada link berikut : https://snmpn.politeknik.or.id/unduhan

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftar ke Politeknik Negeri melalui jalur SNMPN, saya turut mendoakan semoga Anda bisa lulus dalam Pendaftaran SNMPN, amin.
close
Aplikasi Soal Mentor UMPN