Berapa Biaya Hidup Untuk Kuliah? | Menghitung Apa Saja Keperluan Untuk Kuliah

Keperluan untuk kuliah yang biasanya menyangkut tentang biaya-biaya yang harus dikeluarkan, seringkali menjadi pertanyaan bagi calon mahasiswa yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, terutama bagi orang tua mereka yang akan membiayai keperluan-keperluan anaknya selama kuliah.

Rincian mengenai pengeluaran apa saja yang sekiranya akan diperlukan selama perkuliahan, tentunya memang harus diperhitungkan terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan biaya-biaya yang dibutuhkan.

Hal ini untuk mengukur kondisi finansial keluarga apakah akan mampu mencukupi kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan selama proses perkuliahan.

Oleh karena itu, rincian mengenai apa saja kebutuhan-kebutuhan yang sekiranya diperlukan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi menjadi penting untuk diketahui.

Lalu apa saja kebutuhan-kebutuhan yang harus diketahui dan berapa biaya yang harus dikeluarkan? Berikut ini kami telah rangkumkan informasinya untuk kalian.

Menghitung Apa Saja Biaya dan Kebutuhan Untuk Kuliah


Berapa Biaya Hidup Untuk Kuliah? | Menghitung Apa Saja Keperluan Untuk Kuliah

Dilihat dari jenis kebutuhan yang diperlukan selama proses perkuliahan, terdapat tiga jenis kebutuhan  yang dapat diketahui yaitu kebutuhan pendidikan, kebutuhan hidup, dan kebutuhan hiburan/gaya hidup.

1. Kebutuhan Pendidikan
Maksud dari kebutuhan pendidikan ini adalah segala kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang proses pendidikan selama perkuliahan yang berkaitan dengan kegiatan akademi.

Pada kebutuhan pendidikan ini, dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan wajib dan kebutuhan tidak wajib.

  • Kebutuhan Pendidikan Wajib
    Untuk kebutuhan yang wajib ini sifatnya harus dipenuhi dan akan menjadi kebutuhan yang pasti akan diperlukan. Adapun beberapa kebutuhan yang bersifat wajib tersebut diantaranya adalah:

    1. Biaya Semester
    Untuk Biaya semester ini tergantung dari masing-masing jurusan di tiap-tiap kampus, karena nilainya berbeda-beda sesuai ketentuan dari masing-masing kampus. Kalian bisa mengetahui besarnya biaya semester yang diperlukan dengan mengunjungi situs resmi dari masing-masing instansi.

    2. Biaya Buku Catatan dan ATK
    Buku catatan dan alat tulis sudah pasti menjadi hal yang wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk mencatat materi yang disampaikan oleh dosen.

    Namun berbeda dengan anak sekolah, kalian tidak perlu memiliki buku khusus untuk setiap mata kuliah, kalian cukup memiliki satu buah binder, karena tidak semua mata kuliah sering mencatat materi.

    3. Biaya Print dan Foto Copy
    Untuk biaya print dan foto copy ini pasti akan diperlukan karena setiap dosen pasti akan memberikan tugas yang berkaitan dengan kegiatan print dan foto copy. Besarnya biaya print dan foto copy sesuai dengan keperluan yang ada.

    Namun sebagai informasi, harga untuk print 1 lembar hitam putih adalah Rp500 dan 1 lembar berwarna adalah Rp1.000. Sedangkan harga untuk 1 lembar foto copy adalah Rp100.

    Biasanya, dalam satu mata kuliah, mahasiswa disuruh untuk foto copy 1 buku yang sudah disediakan dari dosen. Sedangkan untuk kegiatan print jarang dilakukan kecuali untuk pembuatan laporan saja dan juga skripsi di akhir semester

  • Kebutuhan Pendidikan Tidak Wajib
    Adapun kebutuhan pendidikan yang bersifat tidak wajib atau masih bisa ditunda diantaranya adalah:

    1. Laptop
    Laptop sebenarnya menjadi perangkat yang sebaiknya dimiliki oleh mahasiswa, karena sebagian besar tugas dan kegiatan akademi akan membutuhkan laptop/komputer.

    Jika kalian sudah memiliki laptop/komputer maka itu akan mempermudah kalian, namun jika kalian belum memiliki laptop/komputer maka untuk sementara bisa meminjam laptop/komputer teman yang sudah selesai mengerjakan tugas, atau kalian bisa mengerjakan tugas bersama-sama dengan teman kalian yang memiliki laptop/komputer.

    2. Koneksi Data/WiFi
    Untuk beberapa mata kuliah, biasanya mahasiswa ditugaskan untuk mencari jurnal dan beberapa referensi. Internet menjadi salah satu solusi untuk mencari berbagai jenis jurnal dan referensi yang ada. Namun jika kalian terkendala dengan jaringan internet, kalian bisa mengandalkan WiFi gratis di area kampus atau tempat-tempat makan yang menyediakan WiFi gratis.

    3. Printer
    Kegiatan nge-print sendiri sebenarnya jarang dilakukan di semester-semester awal, namun untuk pembuatan laporan PKL dan Skripsi akan banyak sekali melakukan kegiatan nge-print karena harus berulang kali direvisi oleh dosen.

    Oleh karena itu, untuk menghemat pengeluaran biaya nge-print, kalian bisa membeli sebuah printer. Selain menghemat, kalian juga akan lebih mudah nge-print kapan saja jika sangat deadline karena tempat print dan foto copy selalu mengantri panjang dan juga malam hari toko mereka pasti tutup.

2. Kebutuhan Hidup
Maksud dari kebutuhan hidup ini adalah segala biaya-biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama proses perkuliahan.

Untuk kebutuhan hidup ini dibedakan menjadi dua yaitu untuk mahasiswa yang kos dan mahasiswa yang tidak kos.

  • Mahasiswa Kos
    Untuk mahasiswa yang perantauan atau kos, kebutuhan hidupnya cenderung lebih banyak. Adapun berikut ini beberapa kebutuhan hidup yang diperlukan:

    1. Bayar Kos
    Sudah pasti bagi kalian yang berencana untuk ngekos, membayar sewa kos adalah hal yang wajib dilakukan. Namun untuk harga sewa kos sendiri di tiap-tiap daerah akan berbeda-beda.

    Namun sebagai informasi, biasanya harga sewa kos untuk wanita lebih mahal daripada harga sewa kos untuk pria.

    Sebagai patokan saja, harga sewa kos di sekitar Kampus Politeknik Negeri Jakarta, untuk wanita biasanya berkisar antara Rp600.000 hingga Rp900.000 untuk satu kamar (tergantung fasilitas), dan untuk pria biasanya berkisar antara Rp450.000 hingga Rp750.000 untuk satu kamar (tergantung fasilitas).

    2. Biaya Makan dan Minum
    Untuk makan dan minum sendiri, akan sangat berbeda-beda untuk tiap-tiap orang, tergantung dari seberapa banyak dalam sehari untuk makan. Ada yang sehari 3 kali dan ada juga yang 2 kali.

    Selain itu tempat makan yang dipilih juga akan menentukan biaya yang akan dikeluarkan karena harga yang berbeda-beda. Namun sebagai informasi, jika kalian lebih memilih makan di warteg, untuk satu porsi dengan lauk yang layak, Rp10.000 hingga Rp13.000 saja sudah cukup.

    Selain itu, kalian juga perlu menyediakan air galon di kamar kalian untuk persediaan air minum.

    3. Biaya Listrik
    Untuk biaya listrik ini sebenarnya tergantung dari tempat kos yang dipilih, ada yang tidak perlu lagi membayar biaya listrik, namun ada juga yang harus mengisi token listrik sendiri.

    Untuk kalian yang mendapatkan tempat kos yang harus mengisi token listrik sendiri, biasanya Rp50.000 sudah cukup digunakan untuk satu bulan bahkan kadang lebih.

    4. Keperluan Mandi
    Jangan lupa untuk memikirkan biaya untuk membeli keperluan mandi seperti sabun, shampo, pasta gigi, dan lainnya.

    5. Laundry
    Biasanya yang sering menggunakan jasa laundry sendiri adalah pria, namun juga ada wanita yang menggunakan jasa laundry karena sibuk dengan tugas kuliah sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian.

    6. Perabotan
    Untuk keperluan perabotan ini tidak terlalu diperlukan, namun saya sarankan untuk kipas angin sebaiknya kalian menyediakan karena terkadang suhu di dalam kamar bisa sangat gerah.

    Untuk perabotan lainnya seperti piring, sendok, gelas, rice cooker, dispenser, lemari bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan.

  • Mahasiswa Tidak Kos
    Untuk mahasiswa yang tidak kos memang tidak memerlukan banyak biaya yang dikeluarkan, namun bukan berarti tidak ada. Setidaknya berikut ini adalah hal yang perlu kalian perhitungkan:

    1. Ongkos Transportasi
    Untuk ongkos transportasi ini sangat relatif sesuai dengan jarak rumah ke kampus dan kendaraan yang digunakan.

    2. Biaya Jajan
    Siapa bilang tidak ada biaya untuk makan dan minum, walaupun kalian bisa sarapan di rumah, tapi belum tentu kalian bisa makan siang atau malam di rumah, karena jam pulang kuliah tidak menentu, belum lagi jika harus mengerjakan tugas di kampus hingga malam. Tentunya kalian makan di warung sekitar kampus.

3. Kebutuhan Hiburan/Gaya Hidup
Sebenarnya kebutuhan hiburan dan gaya hidup ini tidak terlalu penting, namun juga tidak bisa dikesampingkan. Banyaknya tugas dari kampus terkadang membuat mahasiswa membutuhkan refreshing agar pikiran tidak stress.

Jika kamu tipe orang yang lebih suka me-refresh otak dengan cara-cara yang sederhana seperti berolahraga atau menonton film di kosan, maka kalian dapat lebih menghemat pengeluaran yang diperlukan.

Tetapi jika kalian tipe orang yang sering hangout dan shopping, maka sebaiknya kalian memikirkan keperluan untuk itu.


Itulah beberapa kebutuhan yang perlu kalian perhitungkan untuk keperluan selama proses perkuliahan hingga nanti lulus. Ada baiknya jika kalian bicarakan dengan orang tua agar orang tua dapat mempersiapkan segala sesuatunya.

Sekian informasi dari saya mengenai apa saja biaya-biaya yang diperlukan dalam kegiatan perkuliahan yang bisa saya rangkum, jika kalian ada tambahan mengenai beberapa poin di atas silakan tulis di kolom komentar ya :)
close
Aplikasi Soal Mentor UMPN